Mengapa Stop Lamp (harus) Berwarna Merah??

Setelah ngomongin rambu-rambu kita ngomongin tentang kenapa stop lamp kok warnanya merah, bukan warna yang lain. Kenapa kok gak hijau atau biru?


Hayo sebelumnya ada yg tau penyebabnya gak?

Dalam cahaya putih itu ada berbagai spektrum warna, antara lain merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Atau bisa dibilang seperti pelangi dimana untuk bagian atas dimulai dari merah hingga ke ungu di urutan paling bawah.

Berdasarkan para ahli yang terpercaya, spektrum warna merah memiliki panjang gelombang yang paling panjang dibanding warna yang tampak oleh mata. Berikut perbandingannya:

  • ungu 380-450 nm
  • biru 450-495 nm
  • hijau 495-570 nm
  • kuning 570-590 nm
  • jingga 590-620 nm
  • merah 620-750 nm

Nah karena warna merah memiliki panjang gelomang yg lebih panjang dari lainnya jadinya dari kejauhan pun akan mudah terlihat bahkan dalam keadaan berkabut sekalipun. Selain itu warna merah tidak membuat cepat lelah mata dibanding biru. Kalo gak percaya bisa dicoba bandingkan dengan lihat lampu biru dan merah. Pastinya akan ‘nyaman’ melihat warna merah. Oleh karena itu para ahli terdahulu membuat stop lamp dengan warna merah ya agar mudah terlihat oleh pengendara dibelakang serta tak membuat mata pengendara di belakang cepat lelah. Patut di ingat, mengganti warna stop lamp selain merah adalah TINDAKAN DUNGU DAN BODOH!!!

Sekarang kita ambil contoh mengganti dengan warna biru atau putih, pengendara di belakang kita pastinya akan mengalami kebutaan sesaat sekitar 3 detik. Nah looo, coba kalo pengendara di belakang sedang melaju 40KpJ jadi dia tak melihat sempurna arah depan sejauh 44 meter!!!! BAHAYA!!!

Makanya mulai sekarang bagi teman-teman yg mengganti warna stop lamp selain merah buruan diganti ya. Salam

Pos ini dipublikasikan di semua, seputar motor dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s