Membuat Lensa Makro Untuk Ponsel

Hai, lama gak muncul… lagi asyik macroan pake hp gara-gara temen yg pamerin foto makro pake hp. Nah karena makroan juga butuh lensa makro, soooo aku bikin sendiri saja dari bahan bekas (belum punya duit untuk beli lensa makro yg asli kwkwkwk). Disini aku akan membuat dari lensa dari kamera roll jadul
Oke langsung wae, siapkan kamera roll bekas yg tak terpakai. Gak punya? Beli aja di loakan, murah kok. Aku dulu cuma nebus 10 ribu doank! Oh ya, sebelum membeli, cek dulu apakah lensanya ada baret atau tidak karena hal itu akan berpengaruh besar pada hasil foto dan jangan lupa nego sadis ama penjualnya kwkwkwk
Sekarang siapkan alatnya
-obeng
-tang
-palu (optional, dibutuhkan kalo sekrupnya berkarat)

Sekarang bongkar kameranya, mau pake obeng, tang atau palu terserah asalkan lensa yg ditengah tidak hancur. Disini yg diambil adalah lensa di tengah bodi bukan lensa bidik ya.
image

Nah penampakannya seperti ini, gunakan imajinasimu sendiri ya… (males upload pict kwkwwk)

Lhoh mas, gimana menempelkannya? Itu dibaliknya ada yg bagian hitam diberi double tape kemudian direkatkan di lensa asalkan bagian kaca lensa tidak tertutup dan letakkan persis ditengah lubang kamera hp. Udah deh jadi! Mudah murah dan hasil lumayan maksimal dibanding menggunakan lup.
Silahkan dicoba motret pena dulu, kalo dipinggirnya ada bayangan hitam (biasanya dipojokan) berarti posisi lubang kamera hp dan lubang lensa tidak selaras. Coba dipas-paskan sampai tidak ada bayangan hitam. Lain cerita kalo emang lubang lensa lebih kecil dari lubang kamera hp. Monggo dicoba pada obyek diam dulu. Oke? Selamat makro makroan
pen
lalat
lalat tawon
kaper
Diatas adalah contoh dari pemakaian dari lensa kamera jadul.
Sekedar saran, disini kita diwajibkan saat mengambil gambar, tangan kita tidak goyang. Goyang sedikit, foto hancur.

special thank’s to khususnya mas Mustari atas tutorialnya dan lik Ekodeby atas sarannya

Posted from WordPress for Android

Pos ini dipublikasikan di photografi ponsel, semua, tips dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Membuat Lensa Makro Untuk Ponsel

  1. Maskur berkata:

    wah boleh jugaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  2. ali toktil berkata:

    silahkan dicobaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  3. firdaus berkata:

    Mantaaaaab gaaaaannn……
    g perlu mahal unk kwalitas terbaik… hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s