Seputar Angka-Angka di PowerBank

Yuk ngomongin power bank, udah pada tahu power bank kan? Belum tahu? di tempe-in aja kwkwkw
nih fotonya
power bank
foto dari google

Nah, mungkin kita sering melihat atau mendengar power bank dengan daya 3000mah, 5200mah, atau bahkan 12000mah. Ya tho, sebenernya itu adalah daya tarik dari power bank.
Dalam artian jika kita punya power bank sebesar 5000mah dan akan digunakan untuk mengisi baterai 1000mah tidak serta merta dirumuskan akan terjadi 5 kali pengisian. Artinya sebelum 5 kali pengisian, power bank akan habis duluan. Kok bisa?
Coba lihat di kemasan, biasanya disitu akan tertulis (misal) input 5000mah/3.7v dan output 5v/1a. Jadi daya yg masuk dan tersimpan adalah 5000mah dalam voltase 3.7v. Kemudian jika kita mulai mengecas, maka akan keluar dengan voltase output sebesar 5v. Nah, seberapa banyak kita bisa ngecas baterai 1000mah kita? (3,7 x 5000)/5= 18500/5 = 3700mah saja daya yang bisa dikeluarkan dengan voltase 5v (standar pengisian baterai ponsel). Disini diperoleh info bahwa kita hanya bisa mengecas hanya sekitar 3,7 kali saja, itupun belum dikurangi daya yang hilang saat penyimpanan dan pengecasan baterai ponsel.
Wah aku ditipu donk?
Secara teknis tidak, soalnya produsen sudah menyertakan spesifikasi power bank, hanya kita saja yang belum paham. Semoga dengan ini kita bisa lebih jeli.

Pos ini dipublikasikan di semua, tips dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s